Belajar Tak Harus Jauh, Membangun Negeri Bersama Universitas Tanjungpura #UNTAN

Belajar Tak Harus Jauh, Membangun Negeri Bersama Universitas Tanjungpura #UNTAN

by Partyedu , at 23.49 , have 0 komentar
Membangun Negeri Bersama Universitas Tanjungpura

Belajar itu penting, tidak harus memaksakan kehendak untuk belajar di pulau tetangga atau bahkan di Negeri sebelah yang notabennya terdengar disiplin, sentral ilmu, lengkap dan punya nama papan atas dan lain sebagainya. Karena sejatinya setiap orang mempunyai potensi yang lebih dari yang saya sebutkan diatas, manusia bisa menjadi lebih disiplin, pintar, multi talenta, dan punya citra yang baik berawal dari dirinya sendiri. Itu semua dari hasil pembelajaran bukan dari tempat dimana ia belajar.

Tempo lalu, saya pernah di ajak ngobrol dengan seorang kepala koperasi syariah (Bapak Salam) di kota Malang pada 8 juli 2018 dipagi hari sekitar pukul 6 pagi, yang isinya kurang lebih begini..

"Dunia kerja membutuhkan orang yang mempunyai kompetensi dibidangnya, pihak perusahaan tidak melihat ijazah kita dimana tempat kita belajar tetapi melihat kompetensi, saya kadang bingung kepada anak-anak sekarang ini, jika diberi arahan tentang hal tersebut tidak begitu nyambung, kuliah itu tidak perlu pilih-pilih tempat, semua sama saja, saya bisa bicara begini karena saya sudah menjalani banyak pengalaman melamar kerja daripada mereka".

Lanjut ia bercerita dilengkapi dengan contohnya yang kurang lebih begini..

"Ada saudara saya yang pernah kuliah S-1 di dua universitas sekaligus, yang satu dengan jurusan fisika di universitas negeri ternama dan yang satunya lagi dijurusan manajemen di kampus swasta dan tidak begitu terkenal, keduanya kampus ada di kota Malang, saat melamar pekerjaan justru ijazah dari kampus swasta yang diterima..".

Saya mendengarkan pembicaraan tersebut dengan dilengkapi senyum lebar lalu sambil berfikir "kenapa saya dulu kuliahnya jauh harus ke pulau tetangga yang menghabiskan banyak biaya itu"

Dari pembicaraan diatas bisa saya ambil stressing point-nya bahwa belajar tak harus memilih tempat tetapi yang wajib kita pilih adalah kompetensinya. Agar nantinya mudah diterima di dunia kerja maka pilihlah kompetensi yang tepat, bahasa mudahnya begini..

"Pilih jurusan yang sesuai dengan hobi kamu, apalagi jurusan itu merupakan jurusan atau kompetensi yang masih banyak dibutuhkan perusahaan"

..Jadi pintar-pintar memilih jurusan, lalu jalani dengan senang hati dan tekun, terus belajar sampai benar-benar faham dan bisa.

Belajar Tak Harus Jauh, Membangun Negeri Bersama Universitas Tanjungpura #UNTAN

Kalau kamu putra Kalimantan Barat seperti saya ini, tentu tidak asing lagi dengan sebutan UNTAN, sebuah universitas negeri di kota Pontianak yang semakin eksis sampai hari ini.

Jika kamu ingin gotong royong membangun negeri tercinta ini, maka tidak perlu kuliah jauh-jauh, cukup didaerah yang paling terdekat, karena sejatinya mencari ilmu itu tak harus memilih dan memilah tempat kuliah, semuanya sama saja, yang penting bersungguh-sungguh dalam mencari ilmu.

Tetapi jika kamu memang ingin bejajar di pulau tetangga atau bahkan diluar negeri juga dipersilahkan, tidak ada larangan kesana, hanya saja semua itu perlu dipertimbangkan, mulai dari sisi jarak jauhnya, biayanya, dan lain sebagainya.

Bagi putra daerah kalimantan barat atau sekitarnya bisa kuliah di UNTAN saja, mari gotong royong membangun negeri ini bersama universitas paling dekat dengan tempat tinggal kamu, khususnya bagi warga di Kalimanan Barat di Universitas Tanjungpura Pontianak yang beralamatkan lengkap:
Jl. Prof.Dr.H.Hadari Nawawi / Jendral Ahmad Yani, Pontianak - Kalimantan Barat (78124)
Hanya untuk melengkapi saja..

Saya akan memberikan informasi singkat tentang perkembangan di Universitas ini.

#Jumlah Fakultas dan Jurusan UNTAN

Komplit sudah kalau kamu ingin bejar di sini. Ada 9 fakultas, yang masing-masing fakultas tentu membawahi banyak program studi (Prodi), pilihan prodi sesuaikan dengan kompetensi diri kamu.

  1. Fakultas Hukum
  2. Fakultas Ekonomi
  3. Fakultas Pertanian
  4. Fakultas Teknik
  5. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  6. Fakultas Pendidikan dan Pelatihan Guru
  7. Fakultas Kehutanan
  8. Fakultas MIPA
  9. Fakultas Kedokteran

Sumber: www.untan.ac.id/tentang-fakultas/

#Perkembangan Kedalam UNTAN

Untuk saat ini perkembangan didalam semakin baik, yakni mempunyai:

  • 63 Program Sarjana
  • 24 Pascasarjana
  • 31,720 Mahasiswa
  • 58,061 Lulusan
  • 2,059 Staf
  • 197 Penelitian

Tentu perkembangan ini semakin tahun semakin meningkat, ini disebabkan karena semakin banyak peminatnya, apalagi Indonesia akan mengalami bonus demografi, ini akan berdampak pula pada peningkatan peminat belajar di perguruan tinggi UNTAN.

#Penutup

Pada kesempatan terakhir ini, saya hanya menekankan kembali bagi kamu yang akan menambah ilmu diperguruan tinggi manapun dan dimana saja tempatnya. Belajarlah dengan mempersungguh karena hakikatnya setiap manusia mempunya potensi yang hebat. Pupuklah persungguhmu itu dengan do'a, karena ia mempunyai kekuatan yang kuat yang disebut-sebut dengan kekuatan alam bawah sadar. Kekuatan ini saya ibaratkan sebagaimana gunung yang menjulang diatas air samudra, tampak kecil ujungnya namun badan gunung didalamnya besar bak raksasa dan kuat, yang menjulang kekuatan manusia sebenarnya sedangkan badan gunung yang kuat bak raksasa sebagai kekuatan alam bawah sadar (kekuatan do'a) yang begitu dasyat kekuatannya. Dengan mempersungguh dibarengi dengan banyak do'a InsyaAllah semua cita-cita akan tercapai dengan segera.

Selamat belajar dan semoga sukses..

-SALAM IMAN-
Belajar Tak Harus Jauh, Membangun Negeri Bersama Universitas Tanjungpura #UNTAN
Belajar Tak Harus Jauh, Membangun Negeri Bersama Universitas Tanjungpura #UNTAN - written by Partyedu , published at 23.49, categorized as Review . And have 0 komentar

Silahkan berkomentar disini..

Cancel Reply
GetID

PENCARIAN CEPET..

TENTANG KAMI..

Blog Partyedu ini adalah media blog gratis dari blogger.com, semua tulisan pada blog ini merupakan tulisan resmi dari admin partyedu yang diolah dari hati dan tanpa ada PAKSAAN dari pihak manapun. -SALAM IMAN-
Free Theme by Damzaky
Powered by Blogger